Tahun Pelajaran
2021/2022
Nama lembaga : Yayasan Roudhatul Muttaqin As Salafi
Alamat : Jl. Pesantren 05, Krajan Rt. 06/02 Tempuranduwur Sapuran Wonosobo 56373
Badan Hukum : SK Menkeh RI nomer : C-3914.HT.01.02.TH 2007
Akta Notaris : 08 KET.CUTI - MPPN/III-I/2007
NPWP : 21.010.459.2-524.000
e-mail : ypprmssalaf@gmail.com
Website : ypprms.blogspot.com
Penyelenggaraan Pendidikan :
1.
Pondok
Pesantren
Nama Ponpes :
Roudlotul Muttaqiin As Salafi
No Statistik Ponpes : 510033070263
2.
Madrasah
Diniyah Takmiliyah
Nama MDT : Roudlotul Muttaqiin
No Statistik MDT : 311233070433
3.
Taman
Pendidikan Al Qur’an
Nama TPQ : Roudlotul Muttaqiin As
Salafi
No Statistik TPQ : 411233071340
1. MATA PELAJARAN |
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TPQ |
|
MADIN |
|
|
|
PESANTREN |
|
|
a. |
Baca Huruf |
a. |
Usul |
|
|
a. |
Nahwu Shorof |
|
|
b. |
Iqro’ |
b. |
Fikih |
|
|
b. |
Tabiyinal Islah |
|
|
c. |
Juz amma |
c. |
Tasawuf |
|
|
c. |
Tasrihatal Muhtaj |
|
|
d. |
Do’a Harian |
d. |
Taklimul Muta’alim |
|
d. |
Arbain Nawawi |
||
|
e. |
Syahadat |
e. |
Ahllakul banin |
|
|
e. |
Khulasoh |
|
|
f. |
Sholat (Praktik dan |
f. |
Ilmu tajwid |
|
|
f. |
Khulasoh SHAR |
|
|
|
do’a-do’anya) |
g. |
Al Qur’an Tajwid |
|
g. |
Al Qur’an Hadist |
||
|
g. |
Yanbu’a |
h. |
Hafalan dalil/Hadist |
|
h. |
Maksud Kitab |
||
|
h. |
Qiro’ati |
i. |
Lafal Makna |
|
|
|
|
3. EKTRA KURIKULER
|
WAJIB |
|
PILIHAN |
|||
|
a. Dakwah Islamiyah (Khitobyah) |
|
a. Rebana (Sholawat) |
|||
|
b. Tilawah |
|
|
b. Praktik Komputer |
||
|
c. Maulidin Syarif (Berjanji) |
|
c. Bahasa Inggris |
|
||
|
d. Praktik Ibadah |
|
|
d. Bahasa Indonesia |
||
|
e. Batsul Masail |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. JAM PEMBELAJARAN/SEKOLAH/ JAM KERJA KANTOR |
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
PAGI |
SIANG |
|
SORE |
|
MALAM |
|
Jam 05.00 Wib |
Jam 13.00 Wib |
Jam 16.15 Wib |
|
Jam 19.00 Wib |
|
|
Sampai |
Sampai |
Sampai |
|
Sampai |
|
|
Jam 06.15 Wib |
Jam 14.30 Wib |
Jam 17.45 Wib |
|
Jam 22.00 Wib |
|
|
|
|
|
|
|
|
5. JUMLAH KELAS TIAP STAN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN
|
TPQ |
MADIN |
PESANTREN |
|
Penyelenggaraan kelas TPQ |
Penyelenggaraan kelas |
Penyelenggaraan kelas |
|
dibagi kedalam 3 kelas yaitu |
Madrasah Diniyah dibagi |
Pesantren dibagi kedalam |
|
TPQ 1,2 dan 3 dengan |
kedalam 4 kelas yaitu |
2 kelas yaitu Pesantren 1 |
|
pembelajaran menyesuaikan |
Madin 1, Madin 2, Madin 3, |
dan Pesantren 2 dengan |
|
tingkat kelasnya. |
dan Madin 4 dengan |
pembelajaran |
|
|
pembelajaran menyesuaikan |
menyesuaikan tingkat |
|
|
tingkat kelasnya. |
kelasnya. |
|
|
|
|
6. KURIKULUM DAN STRATEGI PEMBELAJARAN |
|
||
|
|
|
|
|
KURIKULUM |
STRATEGI PEMBELAJARAN |
|
|
Kurikulum yang digunakan |
Strategi pembelajaran yang digunakan dalam mendidik |
|
|
Yayasan merupakan |
siswa didik yaitu mengacu pada Visi dan Misi yayasan, |
|
|
kurikulum KTSP (Kurikulum |
yang basicnya merupakan lembaga pendidikan dan |
|
|
Tingkat Satuan Pendidikan) |
karakter keagamaan. |
|
|
yang dibuat oleh Yayasan |
Dalam pembelajaran setiap pengajar menggunakan |
|
|
dengan mengacu sesuai |
metode yang sama yaitu dalam 2 jam pelajaran dibagi |
|
|
peraturan pembuatan |
menjadi 3 tahapan (sesi) yaitu sesi penyampaian Materi, |
|
|
Kurikulum oleh Dinas |
sesi penjelasan dan penerangan materi, dan sesi yang |
|
|
Pendidikan dan Departemen |
terakhir yaitu sesi evaluasi oleh guru dengan cara Tanya |
|
|
Agama, serta menggunakan |
jawab, dll. |
|
|
acuan Kurikulum yang |
Selain evaluasi oleh guru yayasan juga menggunakan |
|
|
didapat dari PD. Rifa’iyah |
system ulangan harian yang dilaksanakan satu minggu |
|
|
Kabupaten Wonosobo (Tim |
sekali secara bersama baik dilakukan oleh pihak yayasan |
|
|
Forum Pendidikan Rifa’iyah) |
maupun dari guru masing-masing mata pelajaran, selain |
|
|
|
UH setiap tengah semester diadakan UTS (Ulangan |
|
|
|
Tengah Semester), UAS (Ulangan Akhir Semester), UKK |
|
|
|
(Ulangan Kenaikan Kelas) yang mana soal dibuat oleh |
|
|
|
guru kemudian diberikan ke pihak yayasan untuk dicetak |
|
|
|
oleh tim EVALUASI PEMBELAJARAN YAYASAN. |
|
|
Metode yang digunakan dalam pembelajaran: |
|
|
|
1. Ceramah |
|
|
|
2. Tanya jawab |
|
|
|
3. Diskusi |
|
|
|
Setiap kegiatan evaluasi nilai peserta didik selalu direkap untuk dimasukan kedalam |
||
|
raport peserta didik yang diberikan setelah kegiatan UAS dan UKK. |
7. VISI DAN MISI
VISI
“Menciptakan generasi yang cerdas, takwa, dan berkompetensi berlandaskan iman dan akhlak yang mulia”
MISI
· Mencerdaskan kehidupan anak bangsa;
· Mewujudkan santri yang mampu bersaing dengan dibekali IPTEK
·
Mewujudkan
santri yang berdedikasi dan
berkompetensi.
·
Mewujudkan
santri yang berbudi luhur dan berakhlakul karimah
·
Mengamalkan
ajaran islam sesuai dengan kaidah dan syari’at yang sesuai dengan Al Qur’an dan
Hadist
8.
Fasilitas/Sarana Prasarana
No |
Nama Ruang |
Jumlah |
Kondisi |
1 |
Ruang Kantor Pengurus |
1 |
Baik |
2 |
Ruang Guru |
1 |
Baik |
3 |
Aula |
1 |
Baik |
4 |
Ruang Kelas |
6 |
Baik |
5 |
Musholla |
1 |
Baik |
6 |
Kamar Mandi/Toilet Guru |
1 |
Baik |
7 |
Dapur |
1 |
Baik |
8 |
Kamar Mandi Santri |
2 |
Baik |
9 |
Internet/Wifi |
1 |
Baik |
10 |
Komputer/Laptop |
2 |
1
Baik, 1 Kurang baik |
11 |
Sound System |
1
set |
Baik |
12 |
Printer |
2 |
1
Baik, 1 Kurang baik |
13 |
Instalasi Listrik |
1.300
Va |
Baik |
14 |
Instalasi Perairan |
1
(Mata Air) |
Baik |
15 |
Tempat cuci tangan |
2 |
Baik |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan tinggalkan komentar anda disini